SOSIALISASI APLIKASI E-MUSRENBANG DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA METRO

Sosialisasi dilaksanakan di Aula Pemda Kota Metro pada hari Rabu, 26 Desember 2018, kepada 22 kelurahan dan 5 kecamatan dalam rangka integrasi proses perencanaan dan penganggaran di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, poin-poin penting yang disampaikan :

  1. Pada bulan juli lalu, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Propinsi Lampung telah menandatangani MoU tentang Pengintegrasian Proses Perencanaan dan Penganggaran melalui penggunaan aplikasi yang direkomendasikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
  2. Proses pengimplementasian aplikasi ini tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang, yang telah dimulai pada APBD Perubahan 2018 dengan menyediakan software dan hardware.
  3. Saat ini aplikasi masih dalam tahap penyempurnaan dan pengisian database yang dibutuhkan dalam perencanaan maupun penganggaran.
  4. Pemerintah Kota Metro sangat optimis akan penggunaan aplikasi. pada tahun 2019 akan diujicobakan seluruh sub-aplikasi, yaitu e-SSH (System Satuan Harga), e-Pokir, e-RKPD dan e-Budgeting, namun demikian, dengan melihat ketentuan waktu perencanaan serta prediksi atas hambatan-hambatan lain, penggunaan aplikasi secara stabil akan dilakukan pada tahun 2020 untuk perencanaan 2021.
  5. Awal tahun 2019 nanti, Walikota Metro direncanakan akan turun ke 22 kelurahan pada saat Musrenbang Kelurahan. Jika sangat memungkinkan, aplikasi e-Musrenbang akan diujicobakan jika e-SSH telah selesai diinput oleh BPKAD.
  6. Proses penginputan e-Musrenbang didahului dengan penetapan kebijakan terkait penetapan prioritas usulan masyarakat dan pendampingan Tim Bappeda Kota Metro untuk teknis penggunaan aplikasi.
  7. Sosialisasi hari ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi secara umum. Proses adaptasi secara teknis akan diadakan dalam waktu dekat setelah keseluruhan sistem dinyatakan siap.
  8. Dihimbau kepada seluruh Camat dan Lurah untuk membuat e-mail kantor yang nantinya akan menjadi salah satu data untuk proses user management. Diingatkan untuk tidak menggunakan e-mail pribadi dengan pertimbangan terjadinya mutasi aparatur. Bappeda akan menyurati secara resmi terkait identitas operator yang selanjutnya akan di SK-kan.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *