Mediasi antar warga RT 14 yang mengeluhkan pencemaran sumur akibat limbah kotoran sapi

Senin, 07 Januari 2018 pukul 13.30 wib, bersama Ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat setempat, Lurah Tejosari Ansyori, A.Md didampingi Kasi Pemerintahan Kelurahan Tejosari meninjau langsung lokasi ternak sapi warga an. Mbah Ngatiman yang di keluhkan warga sekitarnya karena limbah kotoran sapinya mencemari sumur warga disekitarnya, Pak Edi selaku tetangga yang bersebelahan langsung menyampaikan keluhan tersebut kepada Lurah Tejosari.

Dari hasil tinjauan lapangan, didapati memang Mbah Ngatiman belum memiliki media penampungan limbah kotoran sapi, dengan 3 ekor indukan sapi dan 2 ekor anakannya, kotoran sapi yang ditimbulkan saat musim hujan bercampur dengan luapan air hujan dan mengendap di sekitaran perbatasan rumahnya dan tetangga-tetangga disekitarnya sehingga meresap juga ke sumur warga. Sapi-sapi tersebut merupakan titipan program dana PNPM, bukan milik Mbah Ngatiman pribadi.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Tejosari menghimbau upaya penyelesaian dapat lebih mengedepankan musyawarah dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan, fokus pada upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk segera bisa mengatasi hal tersebut, bukan pada sikap emosi dan saling menyalahkan, serta lebih mengutamakan kerukunan bertetangga.

Setelah rembug dilaksanakan, beberapa pilihan yang bisa dilakukan dalam waktu dekat dan disepakati bersama pamong setempat, akan dilaksanakan gotong-royong warga untuk membuat saluran air dari lokasi dekat kandang menuju drainase utama agar luapan air saat hujan tidak mengendap dan bercampur dengan kotoran sapi di tanah sekitar kandang. Prioritas yang diharapkan warga, agar limbah kotoran sapi dari kandang Mbah Ngatiman tidak lagi mencemari sumur-sumur warga disekitar lokasi tersebut. Jika mengandalkan dana APBD ataupun program-program bantuan pemerintah lainnya, permasalahan ini terlalu lama akan meresahkan warga lainnya dan menggangu keharmonisan hidup bertetangga di lingkungan RT 14 RW 05 Kelurahan Tejosari.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *