Pelaksanaan Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Tim Provinsi Lampung di Kelurahan Tejosari

TEJOSARI, Rabu 12 Juni 2019 pukul 07.30 s.d 12.00 WIB, Tim Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Propinsi Lampung disambut Ibu Camat Metro Timur Dra. Rosita, MM di Aula Kantor Kecamatan Metro Timur sebelum melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi di 5 (lima) kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Metro Timur, salah satunya di Kelurahan Tejosari.
link terkait http://tejosari.metrokota.go.id/?p=2168

Karena STBM terdiri dari 5 pilar, yaitu :

  1. Stop buang air besar sembarangan;
  2. Cuci tangan pakai sabun;
  3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
  4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
  5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Maka Tim Verifikasi STBM Propinsi Lampung melakukan penilaian terhadap 5 pilar tersebut ke setiap lokasi KK yang dikunjungi pada tiap kelurahan di Kota Metro. Tidak hanya pada perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di pilar pertama, tapi juga mencakup 4 pilar lainnya, tim akan meninjau bagaimana kondisi air di rumah tangga tersebut, ketersediaan air untuk cuci tangan, Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, kondisi Pengelolaan sampah rumah tangga dan kondisi sanitasi untuk pengelolaan limbah cair di masing-masing rumah tangga.

Setelah kegiatan penyambutan di Aula Kantor Kecamatan Metro Timur, Tim Verifikasi STBM Propinsi Lampung dibagi menjadi sub tim kecil untuk ditugaskan ke 5 (lima) kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Metro Timur, salah satu tim yang terdiri dari Bapak Yuli, Bapak Agung dan Ibu Evi ditugaskan verifikasi di Kelurahan Tejosari.

Di Kantor Kelurahan Tejosari, Sub Tim Verifikasi STBM Propinsi Lampung berbagi tugas wilayah cakupan RW se Kelurahan Tejosari yang akan di verifikasi, untuk efisiensi waktu kerja tim, maka personil yang ada di bagi menjadi 3 (tiga) tim untuk bisa menjangkau 9 (sembilan) RW yang ada di Kelurahan Tejosari, tiap personil Tim Verifikasi STBM Propinsi Lampung di dampingi 2 (dua) orang kader posyandu Kelurahan Tejosari sebagai penunjuk jalan, setelah personil tim menetapkan secara acak 20 nama-nama KK yang akan dikunjungi sebagai sampling.
Personil Sub Tim I melakukan verifikasi ke wilayah RW 1 s.d RW 4, Personil Sub Tim II melakukan verifikasi ke wilayah RW 5, RW 6 dan RW 9 sedangkan Personil Sub Tim III melakukan verifikasi ke wilayah RW 7 dan RW 8.

Verifikasi Tim I STBM Propinsi Lampung di RW 1 s.d RW 4

Verifikasi Tim II STBM Propinsi Lampung di RW 5, RW 6 dan RW 9

Verifikasi Tim III STBM Propinsi Lampung di RW 7 dan RW 8

Dari hasil verifikasi lapangan oleh Tim Propinsi yang bertugas di Kelurahan Tejosari dan dibahas bersama di Kantor Kecamatan Metro Timur, disampaikan beberapa catatan dan fakta yang harus dibenahi dan ditindaklanjuti segera di Kelurahan Tejosari sebagai berikut :

  1. Untuk menguatkan pilar pertama STBM, yaitu Stop buang air besar sembarangan, terdapat temuan KK atas Nama Mustar Effendi, Warga RT 19 RW 07 Kelurahan Tejosari yang kondisi sanitasi WC nya mengalami kerusakan pada septic tank nya (jebol) dan perlu penanganan perbaikan segera agar tidak mencemari dan merusak sanitasi dilingkungan sekitarnya.
  2. Tim Verifikasi STBM Propinsi memberi tenggat waktu perbaikan tersebut selama 3 (tiga) hari, terhitung sejak tanggal 13 Juni 2019, agar segera dikirimkan foto saat kondisi belum perbaikan (0%), saat pengerjaan (50%) dan kondisi setelah perbaikan (100%), setelah dilaporkan berupa foto, Tim Verifikasi STBM Propinsi akan meninjau ulang dan memastikan langkah penanganan perbaikan sudah betul-betul dilaksanakan sesuai rekomendasi mereka.

Upaya tindak lanjut yang dilakukan pihak kelurahan :

Melakukan rapat tindak lanjut hasil rekomendasi Tim Verifikasi STBM Propinsi bersama Ketua RW dan RT setempat beserta tuan rumah atas nama Mustar Effendi pada :

           Hari, Tanggal  : Rabu, 12 Juni 2019

           J a m                 : 15.00 s.d 16.30 WIB

Dari hasil rapat tindak lanjut diperoleh informasi sebagai berikut :

Bapak Mustar Effendi memang sudah berencana akan memperbaiki septic tank yang jebol di rumahnya tersebut, terbukti dengan sudah mengumpulkan material yang diperlukan, berupa : Pasir, Batu Bata, besi dan lokasi septic tank yang sudah di gali, akan tetapi karena jelang lebaran, dan terkendala biaya, niat tersebut masih ditunda.

Ketua RW beserta Ketua RT dengan difasilitasi Lurah Tejosari bersedia membantu percepatan proses rehab septic tank nya yang jebol tersebut dengan memberikan pinjaman semen, batu split dan beberapa material lain yang diperlukan serta menggerakkan warga disekitarnya untuk membantu pengerjaannya secara swadaya. Direncanakan akan mulai dikerjakan pada Kamis sore setelah kekurangan material bisa terpenuhi pada pagi harinya.

Ketika akan dilaksanakan, Bapak Mustar Effendi berubah fikiran dan tidak berkenan perbaikan septic tank nya merepotkan dan melibatkan banyak pihak, yang bersangkutan kembali bersikukuh akan tetap memperbaiki septic tank nyatapi tidak bisa dalam jangka waktu dekat sebagaimana rekomendasi tim propinsi.

Dengan melibatkan Babinkamtibmas, Ketua LPM, RW dan RT setempat Lurah Tejosari pada Jumat pagi, 14 Juni 2019 kembali mendatangi rumah Bapak Mustar Effendi untuk bisa segera merealisasikan perbaikan septic tank sekaligus membawakan beberapa material yang belum tersedia agar dapat segera dikerjakan pada sore hari nya dan penyelesaian rehab bisa sesuai dengan tenggat waktu yang direkomendasikan tim propinsi.

Target penyelesaian rehap septic tank direncanakan bisa selesai pada hari Minggu, tanggal 16 Juni 2019 dengan pengerjaan secara swadaya oleh masyarakat RT 19 RW 07 Kelurahan Tejosari.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *