Konfirmasi dan verifikasi Administratif Penggunaan Aset Tanah Milik Pemerintah Kota Metro yang ada di Kelurahan Tejosari

TEJOSARI, Senin 01 Juli 2019, Sebagai tindak lanjut Surat Walikota Metro Nomor 030/506/B-4.4/2019 tanggal 25 Juni 2019, tentang Data Masyarakat Pengguna Aset Tanah Milik Pemerintah Kota Metro, dan Pertemuan di Aula Kelurahan Rejomulyo pada hari Jumat tanggal 28 Juni 2019, untuk menegaskan pelaksanaan Surat Keputusan Walikota Metro Nomor 815/KPTS/B-4/2018 tanggal 28 Desember 2018 tentang Penetapan Tarif Pokok Sewa Barang Milik Daerah Berupa Tanah Milik Pemerintah Kota Metro, maka pada hari ini, Senin tanggal 1 Juli 2019 jam 08.30 Wib bertempat di Kantor Kelurahan Tejosari dilaksanakan verifikasi dan konfirmasi administratif kepada masyarakat pengguna aset tanah milik Pemerintah Kota Metro yang ada di wilayah Kelurahan Tejosari. Maksud dan Tujuan utama dihadirkan di Kantor Kelurahan adalah dalam rangka untuk :

  1. Memastikan kebenaran data dan informasi pengguna aset tanah milik Pemerintah Kota Metro yang ada di wilayah Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur.
  2. Menginformasikan Surat Keputusan Walikota Metro Nomor 815/KPTS/B-4/2018 tanggal 28 Desember 2018 tentang Penetapan Tarif Pokok Sewa Barang Milik Daerah Berupa Tanah Milik Pemerintah Kota Metro kepada pengguna aset tanah milik Pemerintah Kota Metro yang ada di wilayah Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur.
  3. Mediasi jika tetap berminat menggunakan aset tanah Pemerintah Kota Metro yang berada di wilayah Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur tetapi ada keluhan dan keberatan serta memerlukan negosiasi besaran tarif pokok sewa kepada para penggarap tanah milik Pemerintah Kota Metro.
  4. Memastikan bahwa jika para pihak pengguna aset tanah Pemerintah Kota Metro tersebut keberatan, maka mereka tidak lagi berhak mengelola dan memanfaatkan tanah tersebut, terhitung sejak selesainya Musim Tanam Tahun 2019.

Ada 3 lokasi aset tanah Milik Pemerintah Kota Metro di Kelurahan Tejosari dari 11 lokasi aset tanah yang pemanfaatannya digunakan oleh warga Kelurahan Tejosari, yaitu :

Dari hasil klarifikasi kepada masyarakat pengguna aset tanah Milik Pemerintah Kota Metro di Kelurahan Tejosari sebagaimana data diatas, secara umum mereka keberatan jika dibebani biaya tarif sewa, karena proses pemanfaatan lahan tersebut umumnya saat status tanah masih Sawah bengkok desa, ada yang sebagai wujud penghargaan bagi Kaum yang insentifnya tidak memadai dibandingkan pengabdian kerjanya di masyarakat, ada juga yang pemanfaatannya digilirkan setiap tahunnya kepada 4 RW yang dekat lokasi sawah eks tanah bengkok dan hasil yang diperoleh dipergunakan untuk kepentingan kegiatan masyarakat di lingkungan RW.

Jika dikenakan tarif sewa, mereka memilih untuk tidak memanfaatkan garapan lahan tanah tersebut dan mengembalikan kewenangan pemanfaatannya kepada Pemerintah Kota Metro. Penegasan tersebut selanjutnya dituangkan dalam Surat Pernyataan mereka secara tertulis diatas materai Rp. 6000,-.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *