Laporan Akhir Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari Tahap I Tahun Anggaran 2019

TEJOSARI, 27 Agustus 2019 telah dilaksanakan monitoring dan pelaporan penggunaan dana Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari Tahap I Tahun Anggaran 2019. Sistematika pelaporan sebagai berikut :

Bab I PENDAHULUAN

  1. Nama Kegiatan

Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur.

Latar Belakang

Gambaran Umum

Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan, Kegiatan  Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari, pada realisasi pencairan dana tahap I dimanfaatkan untuk Pembangunan Jalan Cor Block, Gorong-gorong, Pembangunan Jamban Sehat serta Rehab Jamban/WC, sesuai asistensi dan pendampingan dengan BPKAD dan BAPPEDA Kota Metro terkait skala prioritas penyerapan anggaran.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Nomor  02 Tahun 2012 tentang Hibah daerah;
  2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 130 tahun 2018, tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan;
  3. Peraturan Walikota Metro Nomor 03 Tahun 2012 tentang Pedoman pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Metro sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Walikota Metro Nomor 7 Tahun 2018;
  4. Peraturan Walikota Metro Nomor 21 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan;
  5. Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah  Kecamatan Metro Timur tahun Anggaran 2019 Nomor : 4.01.4.01.08.01.44.20 tanggal 02 Mei 2019.

Tujuan

Pembangunan jamban dan drainase disekitar pemukiman warga masyarat dilaksanakan karena di wilayah Kelurahan Tejosari masih ada yang belum memiliki jamban sehat, pembangunan drainase bertujuan agar lingkungan menjadi bersih, sehat, dan air menjadi lancar terutama di musim hujan untuk mengurangi genangan air atau menghindari banjir di wilayah tertentu, serta untuk mendukung suksesnya Program Pemerintah Kota Metro dalam mewujudkan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Basis Masyarakat) terutama pilar pertama yaitu Stop buang air besar sembarangan, melibatkan partisipasi masyarakat kelurahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan pembangunan, kualitas akses jalan lingkungan semakin baik dengan ada nya pembangunan jalan cor blok, dan gorong-gorong yang melalui jalan lingkungan Kelurahan Tejosari.

Target

Pada realisasi pencairan dana tahap I sebesar Rp. 157.000.000 (seratus lima puluh tujuh juta rupiah) untuk Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari ditargetkan bisa selesai pada tanggal 25 Agustus 2019, dengan rincian pekerjaan :

  1. Pembangunan  jamban sehat          : 11 (sebelas) lokasi ;
  2. Rehab jamban                                 : 6 (enam) lokasi ;             
  3. Jalan cor blok                                 : 5 (lima) lokasi ;
  4. gorong-gorong                                 : 6 (enam) lokasi.

Sasaran Kegiatan Pencairan dana tahap I

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

  • Waktu pelaksanaan :

Waktu pelaksanaan pekerjaan dimulai sejak pencairan dana tahap I pada tanggal 2 Agustus 2019 s.d tanggal 25 Agustus 2019.

  • Tempat Pelaksanaan :

Tempat Pelaksanaan sebagaimana penjelasan lokasi kegiatan pada gambar tabel diatas.

  • Pelaksana kegiatan

Kegiatan ini sepenuhnya di rencanakan, dilaksanakan, diawasi dan dipelihara oleh masyarakat Kelurahan Tejosari melalui Kelompok Masyarakat (POKMAS) TEJOSARI MAKMUR JEJAMA sesuai SK Lurah Tejosari yang telah disetujui Camat Metro Timur Nomor : 32/KPTS/ C.4.4/2019 tanggal 25 Juni 2019.

Bab II REALISASI KEGIATAN

  • Persiapan Non Teknis

Telah dilaksanakan dengan pengkondisian para penerima manfaat untuk pekerjaan pembangunan dan rehab jamban, agar bisa melaksanakan pekerjaan sesuai target waktu yang telah ditetapkan dan siap swadaya jika material dan dana melalui kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari kurang memadai.

  • Persiapan Teknis

Telah dilaksanakan dengan melibatkan Tenaga Pendamping/Fasilitator Unila dan Tim Teknis Pokmas agar bisa berkordinasi dan bekerjasama dengan kelompok kerja di setiap RW/RT tempat lokasi pekerjaan Pembangunan /Rehab Jamban, cor blok dan gorong-gotong.

  • Pelaksanaan

Dapat dilaksanakan sesuai target waktu yang telah ditetapkan sejak tanggal 2 s.d. 25 Agustus 2019.

  • Pasca Kegiatan

Melibatkan masyarakat dan penerima manfaat dana kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari untuk menjaga, memelihara dan mengawasi hasil pekerjaan agar bisa sesuai standar umur ekonomis.

Bab III EVALUASI DAN KENDALA

Evaluasi

Secara umum pelaksanaan pekerjaan kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari pada pencairan dana tahap I dapat berjalan optimal dan lancar walaupun terdapat kekurangan personil/SDM di perangkat Kelurahan Tejosari sehingga seringkali rangkap tugas dan pekerjaan agar proses pembangunan dapat berjalan sesuai target waktu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Metro. 

Kendala

  • Keterbatasan Personil/SDM Perangkat Kelurahan Tejosari, idealnya terpenuhi 5 jabatan struktural dengan 4 jabatan membawahi masing-masing 3 Jabatan Fungsional Umum (JFU), berarti seharusnya ada 17 Personil/SDM di kelurahan, sementara saat ini hanya ada 4 ASN, terdiri dari : 3 PNS dan 1 Staf THL.
  • Kegiatan ini merupakan hal baru dan baru pertama kali dilaksanakan, belum optimal adanya pembekalan yang memadai untuk penyamaan pemahaman berkait aturan yang menjadi pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis dari level pengelola di tingkat POKMAS, Kelurahan, Kecamatan maupun tingkat Kota Metro, sehingga tidak terjadi salah penafsiran aturan/ketentuan yang mengatur administrasi dan teknis pelaksanaan kegiatan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penggunaan anggaran.
  • Waktu pelaksanaan pekerjaan dan pertanggung jawaban terbatas hanya s.d. 1 (satu) bulan terhitung sejak realisasi pencairan dana sesuai dengan ketentuan mekanisme TU (Tambah Uang) sementara pelaksanaan pekerjaan pembangunan bertepatan di bulan Agustus 2019, bersamaan dengan Idul Adha 1440 H, sehingga seringkali kekurangan personil pekerja dan tukang karena berbarengan dengan momen perayaan HUT RI ke 74 tahun 2019, persiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan qurban 1440 H dan musim hajatan warga baik resepsi khitanan maupun resepsi pernikahan.

Pemecahan

  • Optimalisasi Personil SDM yang ada, sambil terus meminta penambahan personil secara resmi ke BKPSDM Kota Metro.
  • Optimalisasi koordinasi dan monitoring dengan semua pihak yang terlibat, dari tingkat RW/RT tempat pelaksanaan pekerjaan pembangunan, pengurus POKMAS, perangkat kelurahan, perangkat kecamatan, unsur BPKAD Kota Metro, unsur BAPPEDA Kota Metro, UKPBJ Kota Metro dan Fasilitator pendamping dari Universitas Lampung.
  • Koordinasi dan komunikasi aktif dengan seluruh Ketua RW/RT dan Pengurus POKMAS dan LPM Kelurahan Tejosari jika ada kendala kekurangan tukang dan pekerja pada lokasi pekerjaan pembangunan.

Bab IV PENUTUP

Demikian Laporan Penggunaan Dana Kelurahan ini Kami buat, untuk menjadi dasar pertimbangan dan acuan dalam mekanisme pelaksanaan pekerjaan dan pembayaran Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur untuk tahap selanjutnya.

Dokumentasi (foto) perkembangan kegiatan

Kegiatan             : Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan Tejosari,

 pekerjaan Pembangunan Jamban Sehat di 11 lokasi

Lokasi                 : 1. MURSIDI, RT 02/ RW 01 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Keterangan         : Foto kegiatan dan untuk fisik 0%, 100%

Lokasi                   : 2. SULIONO, RT 03/ RW 01 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 3. LILI SUMALI, RT 06/ RW 02 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

Lokasi                   : 4. MUSLIMIN, RT 09/ RW 03 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

Lokasi                   : 5. SADAR, RT 09/ RW 03 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                   : 6. JOKO WASIS, RT 10/ RW 03 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

Lokasi                   : 7. YANI, RT 13/ RW 05 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                   : 8.SOMIYEM, RT 14/ RW 05 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                   : 9.ANANG, RT 19/ RW 07 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                   : 10.KOERI, RT 22/ RW 08 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 11.MARYONO, RT 06/ RW 02 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

  pekerjaan Rehab Jamban Sehat di 6 lokasi

Lokasi                 : 1. MAT HASAN, RT 12/ RW 04 Kel. Tejosari, Kec. Metro

Lokasi                 : 2. WIDODO, RT 18/ RW 06 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 3. LASMINI, RT 21/ RW 08 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 4. SUNARTO, RT 22/ RW 08 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 5. PARMAN, RT 22/ RW 08 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi                 : 6. FITRIONO, RT 22/ RW 08 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

pekerjaan Pembangunan Jalan Cor Blok di 5 lokasi

Lokasi       : 1. Jalan Gg. Mahmud RT. 02 RW. 01 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

Lokasi                 : 2. Jln Gg. Paiman  RT. 03 RW. 01 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

Lokasi   : 3. Jln Gg. Moncle  RT. 19 RW. 07 Kel. Tejosari, Kec. M.Timur

Lokasi       : 4. Jalan Gg. Anis  RT. 20 RW. 07 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi : 5. Jln Garu Gg. Kauman RT. 18 RW. 06 Kel. Tejosari, Kec. M. Timur

pekerjaan Pembangunan Gorong-gorong di 6 lokasi

Lokasi              : 1. Jalan Mawar RT. 06 RW. 02 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi : 2. Jln Kresna RT. 05 RW. 02 (3 Titik) Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi       : 3. Jalan Marcopolo RT. 12 RW. 04 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi           : 4. Jalan Alpukat  RT. 15 RW. 05 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi             : 5. Jalan Kakao RT. 18 RW. 06 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Lokasi           : 6. Jalan Lap. Bola RT.19 RW. 07 Kel. Tejosari, Kec. Metro Timur

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *