Monitoring Lokasi Penimbunan Lahan Pekarangan Yang Diduga Menyalahi Amdal di Jalan Stadion RT 24 RW 09 Kelurahan Tejosari

TEJOSARI, 03 September 2019 bertempat di lokasi penimbunan lahan pekarangan milik Bapak Christian Chandra di Jalan Stadion RT 24 RW 09 Kelurahan Tejosari (sebelum pertigaan jalan masuk ke SMPN 07 Metro), dilaksanakan monitoring pengerjaan penimbunan lahan yang diindikasikan melanggar perijinan AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro dan Ijin Teknis dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro karena dalam proses penimbunan lahan terdapat pengerjaan pembelokan aliran air dari saluran buang sawah pertanian.
Monitoring terpadu dilaksanakan bersama Tim Tibum (Ketertiban Umum) Kantor Sat Pol PP Kota Metro, unsur Dinas Lingkungan Hidup, unsur Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro didampingi Ibu Camat Metro Timur beserta jajarannya dan Lurah Tejosari.

Berdasarkan laporan dan informasi pengawas lapangan pengerjaan penimbunan lahan (sdr. Mesman), pemilik Lahan saat ini adalah Bapak Christian Chandra, alamat KTP di Komp. Bumi Asri Blok H Nomor 85 RT 003 Kelurahan Kedamaian Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung, berdasarkan Akta Jual Beli Nomor 319/2019 yang diterbitkan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Harun Arrosit, SH, M.Kn, tanah tersebut dibeli dari Bapak Tugimin pada tanggal 9 Juli 2019 (09-07-2019). “Obyek Jual Beli” sebagaimana tertuang dalam Akta Jual Beli adalah sebidang tanah kosong seluas 1.638 M2 dengan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Nomor Objek Pajak (NOP) : 18.72.020.001.004.0006, tanpa penyebutan batas-batas luas tanah dengan ‘sungai’. Sdr. Mesman tidak mengetahui lahan ini selanjutnya akan dimanfaatkan untuk apa ataupun akan dibangun apa setelah proses penimbunan lahan selesai dikerjakan.

Dari hasil monitoring, Tim terpadu sepakat untuk sementara waktu menghentikan proses pengerjaan penimbunan lahan sampai diperoleh informasi yang lebih detil dan akurat berkait perijinan dan penggunaan lahan nantinya setelah proses pengerjaan penimbunan lahan selesai dilaksanakan, serta menunggu hasil kajian resmi dari Dinas Lingkungan Hidup dan dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *