Monitoring Pohon Penghijauan Yang Rawan Tumbang Sepanjang Aliran Irigasi di RW 01 Kelurahan Tejosari

TEJOSARI, Kamis 07 November 2019 jam 11.15 Wib, Bapak Asisten II Bidang Pembangunan beserta Bapak Ir. H Erwin Junaidi, MM selaku Tim Ahli Walikota Metro didampingi Lurah Tejosari beserta Ibu Camat Metro Timur selain melaksanakan monitoring di lokasi irigasi di RW 01 yang mengalami kerusakan juga meninjau tanaman penghijauan sepanjang jalur irigasi, dimulai dari tugu bola s.d pintu air jembatan perbatasan Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan.

Monitoring dilakukan sehubungan dengan akan tibanya musim penghujan, dari hasil monitoring di peroleh beberapa kondisi sebagai berikut :

  1. Terdapat sekitar 40 batang pohon penghijauan, baik akasia ataupun jenis lainnya yang dalam kondisi rawan tumbang karena sebagian besar pohon pada bagian bawahnya ada yang dijadikan media pembakaran sampah ataupun di kupas keliling seluruh bagian kulit luar s.d bagian agak dalam batang utama pohon, sehingga pohon rawan mati/kering.
  2. Lokasi pohon tersebut berada di depan SDN 09 Metro Timur s.d pintu air dan jembatan perbatasan Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Timur.
  3. Beberapa batang pohon ada yang sudah dalam kondisi sudah mati/kering tanpa daun dan rawan tumbang.
  4. Lokasi pohon yang dalam kondisi rusak tersebut umumnya berdekatan dengan tanaman buah yang ditanam masyarakat pada tanggal 27 November 2017 bersama Bapak Walikota dan Wakil Walikota Metro pada saat peresmian Kampung Kidul sebagai calon destinasi wisata kampung buah.

Untuk mengantisipasi adanya musibah pohon tumbang dan dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa dari pengguna jalan ataupun warga yang tinggal disekitaran lokasi tersebut, setelah dilakukan monitoring, Lurah Tejosari segera melaporkan secara kedinasan kepada Camat Metro Timur agar dapat ditindaklanjuti oleh OPD terkait yang berwenang menangani pohon penghijauan, sehingga nantinya dapat dilakukan tindakan penebangan ataupun pemangkasan dan rehabilitasi tanaman penghijauan.

Kelurahan Tejosari

Erwin Syarief, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *