Monografi

LAMPIRAN :

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA

NOMOR : 13 TAHUN 2012

TENTANG MONOGRAFI DESA DAN KELURAHAN

Form 2

 

 BUKU MONOGRAFI KELURAHAN

KEADAAN PADA BULAN : JUNI 2018

  

  1. Nama Kelurahan : TEJOSARI
  2. Tahun Pembentukan : 2000
  3. Dasar Hukum Pembentukan : Peraturan Daerah Kota Metro No. 25/2000
  4. Nomor Kode Wilayah : 18.72.01001
  5. Nomor Kode Pos : 34124
  6. Kecamatan : METRO TIMUR
  7. Kabupaten/Kota : METRO
  8. Provinsi : LAMPUNG

DATA UMUM

Tipologi Kelurahan :

  1. Persawahan
  2. Perladangan
  3. Peternakan
  4. Kerajinan dan industri kecil
  5. Jasa dan perdagangan

Luas Wilayah : 3,37 km2

Batas Wilayah

Sebelah Utara           : Desa Bandar Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Sebelah Selatan        : Kel. Rejomulyo, Margodadi Kec. Metro Selatan Kota Metro

Sebelah Barat            : Kel. Tejoagung Kecamatan Metro Timur Kota Metro

Sebelah Timur           : Desa Adiwarno Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Orbitrasi (Jarak dari Pusat Pemerintahan):

  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan : + 3   km
  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kota : + 5   km
  • Jarak dari kota/Ibukota Kabupaten : + 5   km
  • Jarak dari Ibukota Provinsi : + 53 km

Jumlah Penduduk : 3.524 Jiwa, 1.017 KK

  1. Laki-laki                : 1.759 Jiwa
  2. Perempuan           : 1.765 Jiwa
  3. Usia 0 – 15            : 1.062 Jiwa
  4. Usia 15 – 65          : 2.300 Jiwa
  5. Usia 65 ke-atas     : 162 Jiwa
  6. Pekerjaan/Mata Pencaharian

Karyawan :

  • Pegawai Negeri Sipil  :    107 orang
  • A B R I                           :      23 orang
  • Swasta                           :    202 orang

Wiraswasta/pedagang    :    296 orang

T a n i                                 :     226 orang

Pertukangan                     :      –    orang

Buruh Tani                        :    178 orang

Pensiunan                          :      10 orang

Nelayan                              :       –

Pemulung                           :        orang

J a s a                                   :      25 orang

Buruh                                   :         – orang

Tingkat pendidikan masyarakat:

  1. Lulusan Pendidikan Umum
    • Taman Kanak-kanak   :     131 orang
    • Sekolah Dasar               :     493 orang
    • SMP                                 :       12 orang
    • SMA/SMU                     :     826 orang
    • Akademi/D1-D3           :       20 orang
    • Sarjana                           :       64 orang
    • Pascasarjana                 :         8 orang
  2. Lulusan Pendidikan Khusus
    • Pondok Pesantren           :       29 orang
    • Pendidikan Keagamaan : –
    • Sekolah Luar Biasa         :          orang
    • Kursus Keterampilan     :      70 orang

Jumlah Penduduk Miskin                  : 451  jiwa, 160 KK

(menurut standar BPS)

U M R Kabupaten/Kota           : Rp 1.900.000,-

Sarana Prasarana

  1. Kantor Kelurahan : semi permanen / permanen
  2. Prasarana Kesehatan
  3. Puskesmas : ada / tidak
    • UKBM (Posyandu) : 2 buah
    • Poliklinik / Balai PelayananMasyarakat : 1 buah

Prasarana Pendidikan

  1. Gedung Sekolah PAUD : ada / tidak
  2. Gedung Sekolah TK : 2 buah
  3. Gedung Sekolah SD : 2 buah
  4. Gedung Sekolah SLTP : 2 buah
  5. Gedung Sekolah SMU : 2 buah
  6. Gedung Perguruan Tinggi : buah

Prasarana Ibadah

  1. Mesjid           : 5 buah
  2. Mushola       : 8 buah
  3. Gereja           : 0 buah
  4. Pura               : 0 buah
  5. Vihara           : 0 buah
  6. Klenteng       : 0 buah

Prasarana Umum

  1. Olahraga                     : 22 buah
  2. Kesenian / Budaya   :   3 buah
  3. Balai pertemuan       :   2 buah
  4. Lainnya                       :   1 buah

DATA PERSONIL

  1. Kepala Kelurahan (Lurah)
    • Nama                         : ANSYORI, A.Md.
    • Pangkat / Gol           : Penata Tk I (III d)
    • N I P                           : 196610301989031006
    • Pendidikan                : DIII
    • TMT Masa Jabatan  : 20-02-2018
    • Jenis kelamin            : Laki-Laki
    • Riwayat Jabatan       :

Kepala UPT KB Kecamatan Metro Utara (2000 s.d 2017)

Lurah Tejosari

  1. Sekretaris Lurah
    • Nama                         : Retno Muryani, SE
    • Pangkat / Gol           : Penata Tk I (III d)
    • N I P                           : 197002202005012003
    • Pendidikan                : S1
    • TMT Masa Jabatan  : 03-01-2017
    • Jenis kelamin            : Perempuan
    • Riwayat Jabatan       :
      1. Kasubag Keuangan Kecamatan Metro Selatan
      2. Sekretaris Kelurahan Tejosari
  1. Jumlah Aparat Kantor Kelurahan
  1. Golongan I   : 0   Orang
  2. Golongan II  : 0   Orang
  3. Golongan III : 1   Orang
  4. Golongan IV : .-   Orang

C. DATA KEWENANGAN

  1. Jumlah urusan yang dilimpahkan Kabupaten/Kota : 2     Urusan
  2. Urusan yang dilimpahkan oleh Kabupaten/Kota           : 34   Urusan

      A. Urusan Wajib

           1. Urusan Bidang Pendidikan :

a. Pengembangan dan peningkatan pendidikan masyarakat di wilayah kelurahan;

b. Fasilitasi penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini;

c. Fasilitasi kegiatan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di wilayah kelurahan; dan

d. Pemantauan Jam Belajar Masyarakat.

          2. Urusan Bidang Kesehatan :

a. Fasilitasi dan koordinasi penyuluhan kesehatan masyarakat di wilayah kelurahan;

b. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kelurahan;

c. Fasilitasi dan koordinasi penanggulangan dan pemberantasan penyakit di 0wilayah kelurahan;

d. Fasilitasi dan koordinasi Jaminan Kesehatan Masyarakat di wilayah kelurahan; pemantauan praktek

pengobatan tradisional; dan

e. Pemasyarakatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

  1. Urusan Bidang Lingkungan Hidup :

a. Pemantauan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup;

b. Pemantauan sumberdaya alam; dan

c. Pemantauan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup serta pelestarian fungsi lingkungan hidup.

  1. Urusan Bidang Pekerjaan Umum :

a. Pemberian rekomendasi/legalisasi penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan di wilayah kelurahan;

b. Pemantauan dan pengawasan pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara di wilayah

kelurahan; dan

c. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum di wilayah              kelurahan.

  1. Urusan Bidang Penataan Ruang : Pemantauan penggunaan tata ruang.
  2. Urusan Bidang Perencanaan : Fasilitasi dan koordinasi perencanaan pembangunan di wilayah kelurahan.
  3. Urusan Bidang Perumahan : Koordinasi kegiatan bidang perumahan.
  4. Urusan Bidang Pemuda dan Olahraga :

a. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan, pengawasan dan pemberdayaan pemuda dan organisasi kepemudaan di           wilayah kelurahan; dan

b. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan kegiatan bidang keolahragaan di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Penanaman Modal : Koordinasi urusan bidang penanaman modal di wilayah kelurahan.
  2. Urusan Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah :

a. Fasilitasi dan koordinasi pengawasan dan pembinaan koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di wilayah                 kelurahan;

b. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan peran dan fungsi koperasi di wilayah kelurahan; dan

c. Penanganan terhadap Lembaga Keuangan Mikro Binangun sesuai ketentuan/ peraturan perundang-undangan.

  1. Urusan Kependudukan dan Catatan Sipil :

a. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan, pendaftaran Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk di           wilayah kelurahan;

b. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan serta pendaftaran perpindahan/kedatangan dan/atau Kartu         Identitas Penduduk Musiman di wilayah kelurahan;

c. Penerbitan Surat Keterangan Kelahiran dan Kematian di wilayah kelurahan;

d. Penerbitan surat-surat kelengkapan pernikahan di wilayah kelurahan;

e. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan dispensasi pernikahan dan surat-surat kelengkapan                        perceraian di wilayah kelurahan;

f. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan Surat Keterangan Kependudukan di wilayah kelurahan;

g. Pengelolaan data penduduk di wilayah kelurahan; dan

h. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan Surat Keterangan Permohonan Akta Catatan Sipil di wilayah         kelurahan.

  1. Urusan Bidang Ketenagakerjaan :

a. Inventarisasi dan informasi data tenaga kerja; dan

b. Informasi lowongan kerja.

  1. Urusan Bidang Ketahanan Pangan :

a. Monitoring dan evaluasi ketahanan pangan; dan

b. Koordinasi masalah ketahanan pangan.

  1. Urusan Bidang Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak :

a. Fasilitasi sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan dan perlindungan anak;

b. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang kesejahteraan, perlindungan dan pemberdayaan perempuan di wilayah kelurahan; dan

c. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang Pengarusutamaan Gender (PUG).

  1. Urusan Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KB dan KS):

a. Fasilitasi pengembangan program KB dan KS di wilayah kelurahan; dan

b. Fasilitasi dan koordinasi peran serta masyarakat dalam bidang KB dan KS.

  1. Urusan Bidang Perhubungan :

a. Pemantauan dan pengawasan rambu lalu lintas, marka jalan, serta pelaporan keadaan di wilayah kelurahan;

b. Pemberian rekomendasi terhadap permohonan izin penutupan jalan tertentu di wilayah kelurahan;

c. Pemantauan dan pengawasan terhadap ketentuan jalur lalu lintas di wilayah kelurahan; dan

d. Pemberian rekomendasi terhadap permohonan penyelenggaraan parkir tidak tetap di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Komunikasi dan Informatika : Koordinasi kegiatan bidang komunikasi dan informatika.
  2. Urusan Bidang Pertanahan :

a. Inventarisasi data pertanahan di wilayah kelurahan; dan

b. Legalisasi surat-surat yang berkaitan dengan pewarisan dan atau surat pernyataan pemilikan hak atas tanah di       wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri :

a. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan dan pengawasan terhadap organisasi sosial politik di wilayah kelurahan;

b. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan dan pengawasan kesatuan dan persatuan bangsa di wilayah kelurahan;

c. Fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan pemilihan umum;

d. Koordinasi penanggulangan bencana di wilayah kelurahan;

e. Fasilitasi dan koordinasi pemberdayaan Linmas di wilayah kelurahan; dan

f. Pelaksanaan dan pembinaan ketenteraman dan ketertiban masyarakat di wilayah kelurahan.

  1. Otonomi daerah, pemerintahan umum, administrasi keuangan daerah, perangkat daerah, kepegawaian dan persandian :

a. Penyelenggaraan administrasi umum dan keuangan;

b. Pemberdayaan lembaga Rukun Tetangga dan Rukun Warga di wilayah kelurahan;

c. Pemberdayaan, pembinaan dan peningkatan kualitas aparatur di lingkungan kelurahan;

d. Optimalisasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di wilayah kelurahan;

e. Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah kelurahan;

f. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang hukum dan perundangundangan di wilayah kelurahan;

g. Fasilitasi musyawarah penyelesaian permasalahan hukum di wilayah kelurahan;

h. Pembinaan dan pengawasan terhadap pegawai di lingkungan kelurahan; dan

i. Pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian.

  1. Urusan Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Fasilitasi dan koordinasi urusan bidang pemberdayaan masyarakat di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Sosial :

a. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan penanganan terhadap penyandang permasalahan sosial kemasyarakatan di           wilayah kelurahan; dan

b. Fasilitasi dan koordinasi pemberdayaan lanjut usia.

  1. Urusan Bidang Kebudayaan :

Fasilitasi dan koordinasi pembinaan, pengawasan dan pengembangan kebudayaan di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Statistik :

Inventarisasi, pengolahan serta informasi data statistik kelurahan.

  1. Urusan Bidang Kearsipan :

Pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan kearsipan.

26. Urusan Bidang Perpustakaan :

a. Pembinaan penyelenggaraan perpustakaan desa dan masyarakat; dan

b. Pembinaan peningkatan minat baca.

B. Urusan Pilihan

  1. Urusan Bidang Perikanan :

Fasilitasi dan koordinasi kegiatan di bidang perikanan.

  1. Urusan Bidang Pertanian :

a. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang pertanian dan peternakan; dan

b. Pembinaan peningkatan defersifikasi pertanian.

  1. Urusan Bidang Kehutanan :

Fasilitasi dan koordinasi pembangunan, pengelolaan, pemeliharaan, pemanfaatan, perlindungan dan pengamanan hutan kota.

  1. Urusan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral :

Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

  1. Urusan Bidang Kepariwisataan :

a. Fasilitasi dan koordinasi pengembangan kepariwisataan di wilayah kelurahan;

b. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan kepariwisataan di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Perindustrian :

Fasilitasi pembinaan terhadap kegiatan perindustrian di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Perdagangan :

a. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang perdagangan; dan

b. Fasilitasi pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan perdagangan di wilayah kelurahan.

  1. Urusan Bidang Ketransmigrasian

Fasilitasi dan Kordinasi kegiatan Bidang ketransmigrasian

  1. Jumlah Program yang diterima Kelurahan :

Pemerintah Pusat :

No Nama Program Besar Anggaran Keterangan
1. Kotaku 75.000.000,- LKM

Pemerintah Provinsi :

No Nama Program Besar Anggaran Keterangan
1. Program Bantuan Dana Jaminan Sosial Bagi Orang dengan Kecacatan Berat         ( JSODK Berat ) Rp. 3.600.000,- / orang 1 orang

Kabupaten/Kota :

No Nama Program Besar Anggaran Keterangan
1. Program Gerbang BSW Rp. 150.000.000,- infrastruktur

DATA KEUANGAN

  1. Anggaran Kelurahan dari APBD Kabupaten/Kota : 34.890.000,-
  2. SKPD : Sudah / Belum
  3. Bantuan yang diterima Kelurahan:

a. Pemerintah Pusat : Rp. 0,-

b. Pemerintah Provinsi           : Rp. 0,-

c. Pemerintah Kabupaten/Kota : Rp. 0,-

d. Hibah/Bantuan Luar Negeri           : Rp. 0,-

e. Sumbangan/bantuan lain tidak mengikat : Rp. 0,-

f. Swadaya/gotong royong : Rp. 966.000,-

KELEMBAGAAN

  1. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau sebutan lain :
    • Jumlah pengurus :   4 orang
    • Jumlah anggota : 26 orang
    • Jumlah kegiatan per bulan           :   7 kegiatan
    • Jumlah dana yang dikelola           : 6.000.000,-
  1. PKK
    • Jumlah pengurus :   6  orang
    • Jumlah anggota : 51  orang
    • Jumlah kegiatan per bulan           : 10  kegiatan
    • Jumlah dana yang dikelola           : 10.200.000,-
  1. Karang Taruna
    • Jumlah Karang Taruna : 1     buah
    • Jenis Karang Taruna : 1     jenis
    • Jumlah Pengurus (rata-rata) : 40  orang
  1. RT/RW
    1. Jumlah RW : 9 buah
    2. Jumlah RT : 24 buah
    3. Insentif Ketua RW dalam sebulan : 250.000,-
    4. Insentif penghasilan Ketua RT dalam sebulan  : 225.000,-
  1. Lembaga Kemasyarakatan Lainnya
    1. Jumlah : 5 buah
    2. Nama :
      1. Organisasi Perempuan, Jml Pengurus :    120 Orang
      2. Organisasi Pemuda, Jml Pengurus       :      40 Orang
      3. Organisasi Profesi, Jml Pengurus         :        0 Orang
      4. Majelis taklim, Jml Pengurus                :      90 Orang
      5. Kelompok Gotong Royong, Jml Pengurus           :      52 Orang
      6. Organisasi Rukun Kematian, Jml Pengurus       :   20 Orang

KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN

  1. Jumlah Anggota Linmas : 10 orang
  2. Jumlah Pos Kamling : 7 pos
  3. Jumlah Operasi Penertiban : 6   kali
  4. Jumlah Kejadian Kriminal

a. Pencurian : 2 kali

b. Perkosaan : 0 kali

c. Kenakalan Remaja : 0 kali

d. Pembunuhan           : 0 kali

e. Perampokan : 0 kali

f. Penipuan : 0 kali

  1. Jumlah Kejadian Bencana : 0 kali
  2. Jumlah Pos Bencana Alam : 24  pos
  3. Jumlah Pembalakan Liar : 0 kali

Jumlah Pos Hutan Lindung        : 0 pos