Monografi

LAMPIRAN :

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA

NOMOR : 13 TAHUN 2012

TENTANG MONOGRAFI DESA DAN KELURAHAN

Form 2

  

BUKU MONOGRAFI KELURAHAN

KEADAAN PADA BULAN : AGUSTUS 2019

  

  1. Nama Kelurahan : TEJOSARI
  2. Tahun Pembentukan : 2000
  3. Dasar Hukum Pembentukan : Peraturan Daerah Kota Metro No. 25/2000
  4. Nomor Kode Wilayah : 18.72.01001
  5. Nomor Kode Pos : 34124
  6. Kecamatan : METRO TIMUR
  7. Kabupaten/Kota : METRO
  8. Provinsi : LAMPUNG

DATA UMUM

Tipologi Kelurahan :

  1. Persawahan
  2. Perladangan
  3. Perkebunan
  4. Peternakan
  5. Nelayan/Perikanan
  6. Pertambangan / galian
  7. Kerajinan dan industri kecil
  8. Industri sedang dan besar
  9. Jasa dan perdagangan

Luas Wilayah : 3,37 km2

Batas Wilayah :

Sebelah Utara : Desa Bandar Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Sebelah Selatan : Kel. Rejomulyo, Margodadi Kec. Metro Selatan Kota Metro

Sebelah Barat : Kel. Tejoagung Kecamatan Metro Timur Kota Metro

Sebelah Timur : Desa Adiwarno Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Orbitrasi (Jarak dari Pusat Pemerintahan):

    • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan : + 3   km
    • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kota : + 5   km
    • Jarak dari kota/Ibukota Kabupaten : + 5   km
    • Jarak dari Ibukota Provinsi : + 53 km

Jumlah Penduduk : 3.514 Jiwa, 1.363 KK

  1. Laki-laki           : 1.774 Jiwa
  2. Perempuan      : 1.740 Jiwa
  3. Usia 0 – 15        : 1.059 Jiwa
  4. Usia 15 – 65      : 2.293 Jiwa
  5. Usia 65 ke-atas :  162 Jiwa

Pekerjaan/Mata Pencaharian

    1. Karyawan :
      • Pegawai Negeri Sipil :    351 orang
      • A B R I                          :      23 orang
      • Swasta                         :    141 orang
    2. Wiraswasta/pedagang       :    176 orang
    3. T a n i :  1.054 orang
    4. Pertukangan :    141 orang
    5. Buruh Tani :    879 orang
    6. Pensiunan :     12 orang
    7. Nelayan           :       –
    8. Pemulung :       – orang
    9. J a s a :    176 orang
    10. Buruh :    562 orang

Tingkat pendidikan masyarakat:

    1. Lulusan Pendidikan Umum
      • Taman Kanak-kanak :   111 orang
      • Sekolah Dasar           :    1.425 orang
      • SMP : 686 orang
      • SMA/SMU :  785 orang
      • Akademi/D1-D3 :  186 orang
      • Sarjana : 187 orang
      • Pascasarjana :  35 orang
    2. Lulusan Pendidikan Khusus
      • Pondok Pesantren           : 29 orang
      • Pendidikan Keagamaan : –
      • Sekolah Luar Biasa : orang
      • Kursus Keterampilan :  70 orang

Jumlah Penduduk Miskin           : 352  jiwa, 116 KK (menurut standar BPS)

U M R Kabupaten/Kota           : Rp 1.600.000,-

Sarana Prasarana

    1. Kantor Kelurahan : semi permanen / permanen
    2. Prasarana Kesehatan
      1. Puskesmas : ada / tidak
      2. UKBM (Posyandu) : 2 buah
      3. Poliklinik / Balai PelayananMasyarakat           : 1 buah

Prasarana Pendidikan

    1. Gedung Sekolah PAUD : ada / tidak
    2. Gedung Sekolah TK : 2 buah
    3. Gedung Sekolah SD : 3 buah
    4. Gedung Sekolah SLTP : 2 buah
    5. Gedung Sekolah SMU : 2 buah
    6. Gedung Perguruan Tinggi : buah

Prasarana Ibadah

    1. Masjid           : 5 buah
    2. Mushola        : 9 buah
    3. Gereja            : 0 buah
    4. Pura                : 0 buah
    5. Vihara             : 0 buah
    6. Klenteng         : 0 buah

Prasarana Umum

    1. Olahraga                     :  4 buah
    2. Kesenian / Budaya    :   3 buah
    3. Balai pertemuan       :   2 buah
    4. Lainnya                       :   1 buah

DATA PERSONIL

  1. Kepala Kelurahan (Lurah)
    1. Nama : ANSYORI, A.Md.
    2. Pangkat / Gol           : Penata Tk I (III d)
    3. N I P : 196610301989031006
    4. Pendidikan : DIII
    5. TMT Masa Jabatan : 20-02-2018
    6. Riwayat Jabatan : Kepala UPT KB Kecamatan Metro Utara (2000 s.d 2017), Lurah Tejosari
    7. Jenis kelamin : Laki-Laki

  1. Sekretaris Lurah
    1. Nama : Retno Muryani, SE
    2. Pangkat / Gol           : Penata Tk I (III d)
    3. N I P : 197002202005012003
    4. Pendidikan : S1
    5. TMT Masa Jabatan : 03-01-2017
    6. Riwayat Jabatan :
      1. Kasubag Keuangan Kecamatan Metro Selatan
      2. Sekretaris Kelurahan Tejosari

               7. Jenis kelamin : Perempuan

  1. Jumlah Aparat Kantor Kelurahan
  1. Golongan I : 0   Orang
  2. Golongan II : 0   Orang
  1. Golongan III : 3   Orang
  2. Golongan IV : .-   Orang 

DATA KEWENANGAN

Jumlah urusan yang dilimpahkan Kabupaten/Kota : 2     Urusan

Urusan yang dilimpahkan oleh Kabupaten/Kota : 34   Urusan

Urusan Wajib

Urusan Bidang Pendidikan :

      1. Pengembangan dan peningkatan pendidikan masyarakat di wilayah kelurahan;
      2. Fasilitasi penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini;
      3. Fasilitasi kegiatan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di wilayah kelurahan; dan
      4. Pemantauan Jam Belajar Masyarakat.

Urusan Bidang Kesehatan :

    1. Fasilitasi dan koordinasi penyuluhan kesehatan masyarakat di wilayah kelurahan;
    2. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kelurahan;
    3. Fasilitasi dan koordinasi penanggulangan dan pemberantasan penyakit di 0wilayah kelurahan;
    4. Fasilitasi dan koordinasi Jaminan Kesehatan Masyarakat di wilayah kelurahan; pemantauan praktek pengobatan tradisional; dan
    5. Pemasyarakatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Urusan Bidang Lingkungan Hidup :

  1. Pemantauan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup;
  2. Pemantauan sumberdaya alam; dan
  3. Pemantauan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup serta pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Urusan Bidang Pekerjaan Umum :

  1. Pemberian rekomendasi/legalisasi penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan di wilayah kelurahan;
  2. Pemantauan dan pengawasan pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara di wilayah kelurahan; dan
  3. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Penataan Ruang : Pemantauan penggunaan tata ruang.

 Urusan Bidang Perencanaan : Fasilitasi dan koordinasi perencanaan pembangunan di wilayah kelurahan.

 Urusan Bidang Perumahan : Koordinasi kegiatan bidang perumahan.

 Urusan Bidang Pemuda dan Olahraga :

  1. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan, pengawasan dan pemberdayaan pemuda dan organisasi kepemudaan di wilayah kelurahan; dan
  2. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan kegiatan bidang keolahragaan di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Penanaman Modal : Koordinasi urusan bidang penanaman modal di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah :

  1. Fasilitasi dan koordinasi pengawasan dan pembinaan koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di wilayah kelurahan;
  2. Fasilitasi dan koordinasi peningkatan peran dan fungsi koperasi di wilayah kelurahan; dan
  3. Penanganan terhadap Lembaga Keuangan Mikro Binangun sesuai ketentuan/ peraturan perundang-undangan.

Urusan Kependudukan dan Catatan Sipil :

  1. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan, pendaftaran Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk di wilayah kelurahan;
  2. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan serta pendaftaran perpindahan/kedatangan dan/atau Kartu Identitas Penduduk Musiman di wilayah kelurahan;
  3. Penerbitan Surat Keterangan Kelahiran dan Kematian di wilayah kelurahan;
  4. Penerbitan surat-surat kelengkapan pernikahan di wilayah kelurahan;
  5. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan dispensasi pernikahan dan surat-surat kelengkapan perceraian di wilayah kelurahan;
  6. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan Surat Keterangan Kependudukan di wilayah kelurahan;
  7. Pengelolaan data penduduk di wilayah kelurahan; dan
  8. Pemberian rekomendasi/pengantar permohonan Surat Keterangan Permohonan Akta Catatan Sipil di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Ketenagakerjaan :

  1. Inventarisasi dan informasi data tenaga kerja; dan
  2. Informasi lowongan kerja.

Urusan Bidang Ketahanan Pangan :

  1. Monitoring dan evaluasi ketahanan pangan; dan
  2. Koordinasi masalah ketahanan pangan.

Urusan Bidang Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak :

  1. Fasilitasi sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan dan perlindungan anak;
  2. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang kesejahteraan, perlindungan dan pemberdayaan perempuan di wilayah kelurahan; dan
  3. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang Pengarusutamaan Gender (PUG).

Urusan Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KB dan KS):

  1. Fasilitasi pengembangan program KB dan KS di wilayah kelurahan; dan
  2. Fasilitasi dan koordinasi peran serta masyarakat dalam bidang KB dan KS.

Urusan Bidang Perhubungan :

    1. Pemantauan dan pengawasan rambu lalu lintas, marka jalan, serta pelaporan keadaan di wilayah kelurahan;
    2. Pemberian rekomendasi terhadap permohonan izin penutupan jalan tertentu di wilayah kelurahan;
    3. Pemantauan dan pengawasan terhadap ketentuan jalur lalu lintas di wilayah kelurahan; dan
    4. Pemberian rekomendasi terhadap permohonan penyelenggaraan parkir tidak tetap di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Komunikasi dan Informatika : Koordinasi kegiatan bidang komunikasi dan informatika.

 Urusan Bidang Pertanahan :

  1. Inventarisasi data pertanahan di wilayah kelurahan; dan
  2. Legalisasi surat-surat yang berkaitan dengan pewarisan dan atau surat pernyataan pemilikan hak atas tanah di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri :

  1. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan dan pengawasan terhadap organisasi sosial politik di wilayah kelurahan;
  2. Fasilitasi dan koordinasi pembinaan dan pengawasan kesatuan dan persatuan bangsa di wilayah kelurahan;
  3. Fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan pemilihan umum;
  4. Koordinasi penanggulangan bencana di wilayah kelurahan;
  5. Fasilitasi dan koordinasi pemberdayaan Linmas di wilayah kelurahan; dan
  6. Pelaksanaan dan pembinaan ketenteraman dan ketertiban masyarakat di wilayah kelurahan.

Otonomi daerah, pemerintahan umum, administrasi keuangan daerah, perangkat daerah, kepegawaian dan persandian :

  1. Penyelenggaraan administrasi umum dan keuangan;
  2. Pemberdayaan lembaga Rukun Tetangga dan Rukun Warga di wilayah kelurahan;
  3. Pemberdayaan, pembinaan dan peningkatan kualitas aparatur di lingkungan kelurahan;
  4. Optimalisasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di wilayah kelurahan;
  5. Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah kelurahan;
  6. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang hukum dan perundangundangan di wilayah kelurahan;
  7. Fasilitasi musyawarah penyelesaian permasalahan hukum di wilayah kelurahan;
  8. Pembinaan dan pengawasan terhadap pegawai di lingkungan kelurahan; dan
  9. Pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian.

Urusan Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Fasilitasi dan koordinasi urusan bidang pemberdayaan masyarakat di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Sosial :

  1. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan penanganan terhadap penyandang permasalahan sosial kemasyarakatan di wilayah kelurahan; dan
  2. Fasilitasi dan koordinasi pemberdayaan lanjut usia.

Urusan Bidang Kebudayaan :

Fasilitasi dan koordinasi pembinaan, pengawasan dan pengembangan kebudayaan di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Statistik :

Inventarisasi, pengolahan serta informasi data statistik kelurahan.

Urusan Bidang Kearsipan :

Pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan kearsipan.

Urusan Bidang Perpustakaan :

  1. Pembinaan penyelenggaraan perpustakaan desa dan masyarakat; dan
  2. Pembinaan peningkatan minat baca.

Urusan Pilihan

Urusan Bidang Perikanan :

Fasilitasi dan koordinasi kegiatan di bidang perikanan.

Urusan Bidang Pertanian :

  1. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang pertanian dan peternakan; dan
  2. Pembinaan peningkatan defersifikasi pertanian.

Urusan Bidang Kehutanan :

Fasilitasi dan koordinasi pembangunan, pengelolaan, pemeliharaan, pemanfaatan, perlindungan dan pengamanan hutan kota.

Urusan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral :

Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 Urusan Bidang Kepariwisataan :

  1. Fasilitasi dan koordinasi pengembangan kepariwisataan di wilayah kelurahan;
  2. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan kepariwisataan di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Perindustrian :

Fasilitasi pembinaan terhadap kegiatan perindustrian di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Perdagangan :

  1. Fasilitasi dan koordinasi kegiatan bidang perdagangan; dan
  2. Fasilitasi pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan perdagangan di wilayah kelurahan.

Urusan Bidang Ketransmigrasian

Fasilitasi dan Kordinasi kegiatan Bidang ketransmigrasian

  • Jumlah Program yang diterima Kelurahan :
    • Pemerintah Pusat :
No Nama Program Besar Anggaran Keterangan
1. Kotaku 75.000.000,- LKM
  • Pemerintah Provinsi :

c. Kabupaten/Kota :

No Nama Program Besar Anggaran Keterangan
1. Program Gerbang BSW Rp. 150.000.000,- infrastruktur

D. DATA KEUANGAN

  1. Anggaran Kelurahan dari APBD Kabupaten/Kota     : Rp. 68.685.800,-
  2. SKPD : Sudah / Belum
  3. Bantuan yang diterima Kelurahan:
    • Pemerintah Pusat                               : Rp. 0,-
    • Pemerintah Provinsi                          : Rp. 0,-
    • Pemerintah Kabupaten/Kota            : Rp. 352.941.000,- ; Rp. 154.595.000,-
  • Hibah/Bantuan Luar Negeri                                : Rp. 0,-
    • Sumbangan/bantuan lain tidak mengikat   : Rp. 0,-
    • Swadaya/gotong royong                                  : Rp. 373.966.000,-

KELEMBAGAAN

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau sebutan lain :

Jumlah pengurus                           :  4 orang

Jumlah anggota                             : 26 orang

Jumlah kegiatan per bulan         :   7 kegiatan

Jumlah dana yang dikelola         : Rp. 6.000.000,-

PKK

Jumlah pengurus                           :   6  orang

Jumlah anggota                             : 51  orang

Jumlah kegiatan per bulan          : 10  kegiatan

Jumlah dana yang dikelola          : Rp. 11.500.000,-

Karang Taruna

Jumlah Karang Taruna                   : 1     buah

Jenis Karang Taruna                     : 1     jenis

Jumlah Pengurus (rata-rata)          : 40  orang

RT/RW

Jumlah RW                : 9 buah

Jumlah RT                 : 24 buah

Insentif Ketua RW dalam sebulan                      : Rp. 250.000,-

Insentif penghasilan Ketua RT dalam sebulan     : Rp. 275.000,-

Lembaga Kemasyarakatan Lainnya

Jumlah : 5  buah

Nama :

Organisasi Perempuan, Jml Pengurus                    :    120 Orang

Organisasi Pemuda, Jml Pengurus                        :      40 Orang

Organisasi Profesi, Jml Pengurus                          :        0 Orang

Majelis taklim, Jml Pengurus                                 :      90 Orang

Kelompok Gotong Royong, Jml Pengurus               :      52 Orang

Organisasi Rukun Kematian, Jml Pengurus :      20 Orang

KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN

  1. Jumlah Anggota Linmas           : 10 orang
  2. Jumlah Pos Kamling                 : 7 pos
  3. Jumlah Operasi Penertiban       : 6   kali
  4. Jumlah Kejadian Kriminal
    • Pencurian                            : 2 kali
    • Perkosaan                           : 0 kali
    • Kenakalan Remaja            : 0 kali
    • Pembunuhan                     : 0 kali
    • Perampokan                       : 0 kali
    • Penipuan                             : 0 kali
      1. Jumlah Kejadian Bencana         : 0 kali
      2. Jumlah Pos Bencana Alam        : 24  pos
      3. Jumlah Pembalakan Liar : 0 kali

5. Jumlah Pos Hutan Lindung        : 0 pos